Tips Memilih Domain Untuk Blog

By | 27 November 2017

Inilah beberapa tips memilih domain untuk blog kamu

pria kurus blog – Sebagian besar dari kita sering kali bingung saat akan membeli domain untuk blog yang akan dibuat. Karena hal itulah akhirnya kita membuka mesin pencari dan mengetikkan kata kunci ‘tips memilih domain untuk blog’ dengan harapan bisa mendapat inspirasi domain apa yang akan kita buat.

Ternyata dari hasil pencarian tersebut, sudah banyak sekali para blogger yang memberikan tips memilih domain yang baik untuk situs atau pun blog. Tak heran sih, karena domain ini adalah salah satu element yang sangat penting saat kita akan membangun sebuah blog. Karena, dengan domain yang tepat, maka blog kita pun akan cepat dikenal.

Meskipun tak sedikit juga orang yang tak begitu memperdulikan domain yang dipakainya di blog. Padahal jika asal saja memilih domain, bisa saja akan terjadi hal-hal yang buruk. Untuk itulah, saya juga akan ikut memberikan tips memilih domain untuk blog, jika kamu masih bingung menentukan pilihan domain untuk blogmu, mungkin tips ini bisa sedikit membantu.

Tips Memilih Domain Untuk Blog

1. Pilihlah registrar domain yang sudah terpercaya.
Kita sering kali tak memperdulikan hal ini. Asalkan harga domainnya murah, kita pasti langsung membelinya begitu saja tanpa mengecek dulu asal-usul registrar tersebut. Padahal siapa tau saja registrar domain tersebut abal-abal. Yang sewaktu-waktu bisa menghilang tanpa jejak atau pun domain di suspend tanpa alasan dan kita tidak bisa mengakses domain itu lagi.

Sekarang ini sudah banyak sekali registrar domain yang terpercaya, baik yang lokal maupun dari luar negeri. Kalo saya sendiri, sering membeli domain di namecheap.com. Selain sudah terpercaya sejak lama, harga domain di namecheap juga tergolong murah. Selain itu di namecheap juga memberikan gratis whois guard pada tahun pertamanya. Whois guard ini berfungsi untuk menyembunyikan identitas asli pemilik domain tersebut. Biasanya di registrar domain yang lain, kita harus membeli whois guard ini. Namecheap.com juga sering memberikan diskon untuk domainnya, apalagi jika Black Friday dan Cyber Monday, namecheap akan memberikan diskon sampe 99%, wow.

Untuk registrar lokal yang sudah terpercaya juga sudah banyak kok, seperti rumahweb.com, domainesia.com, niagahoster.co.id, jagoanhosting.com, dan dapurhosting.com, dan lain lain.

2. Pilihlah domain yang mudah di ingat.
Pastikan juga domain yang kamu beli itu mudah diingat dan diketik oleh orang lain. Hal ini bertujuan agar pengunjung blog kamu dapat dengan mudah mengunjungi blog kamu lagi. Baik secara langsung mengetikkan domainnya di address bar browser maupun dengan mengetikkannya di search engine.

3. Hindari memakai simbol di domain.
Hindari juga penggunaan simbol pada domain seperti simbol – (strip). Karena katanya sih search engine seperti Google tidak menyukai situs atau blog yang mengandung simbol pada domainnya. Tapi jika memang harus ada simbol pada domain yang akan dibuat untuk situs kamu itu, ya silakan saja. Saya juga tidak tau pasti, apakah memang mesin pencari ini tidak menyukai domain yang terdapat simbol di dalamnya atau tidak.

4. Jangan memakai merek pada domain.
Nah, ini adalah salah satu hal yang terpenting yang harus kamu perhatikan saat membeli domain. Seringkali kita tidak memperdulikan ini. Padahal memakai merek dagang atau trademark pada domain, kita bisa di tuntut oleh perusahaan atau pemilik sah merek tersebut loh. Rasanya, dulu saya pernah membaca artikel tentang ada orang yang dituntut oleh Google, karena ada merek atau kata Google dalam domain si orang tersebut.

5. Hindari domain yang negatif.
Apa itu domain negatif?. domain yang negatif adalah domain yang mengandung unsur pornografi, sara, kebencian, provokatif, dan hal-hal negatif lainnya. So, hindari domain ini ya.

6. Jangan memakai domain gratisan.
Hindari memakai domain gratisan seperti dot.tk, dot.ga, dot.ml, dan sebagainya pada blog utama kamu ya. Jika hanya di gunakan untuk blog percobaan atau pun blog dummy sih tidak masalah jika kamu ingin memakai domain gratis ini, tapi jika untuk blog utama sih sebaiknya jangan. Lebih baik mengeluarkan biaya untuk membeli domain TLD (Top Level Domain) seperti dot.com, dot.net, atau dot.org untuk blog utama kamu.

7. Pakailah domain TLD atau ccTLD
Google itu lebih menyukai domain TLD seperti dot.com, dot.net dan dot.org, tapi jika nama untuk domain yang kamu inginkan dari ketiga jenis domain tersebut sudah ter-register, kamu bisa menggunakan jenis domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) seperti dot.id (kode domain Indonesia) dot.us (kode domain untuk Amerika) dan sebagainya. Karena Google juga menyukai domain ccTLD tersebut.

8. Pilih domain yang sesuai untuk isi blog.
Jika kamu akan membuat blog untuk dijadikan ‘toko’ jualan produk dagangan kamu, maka pilihlah domain yang sesuai. Contoh jika kamu membuat blog untuk berjualan baju bayi. maka buatlah domain yang berhubungan dengan produk tersebut seperti jualbajubayilucu.com dan sebagainya.

Tapi, jika kamu membuat blog tutorial, kamu bisa membuat domain dengan sedikit keyword atau kata kunci pada domain tersebut, seperti , caramembuatkue.com dan sebagainya. Dan jika kamu hanya membuat blog personal yang hanya berisi catatan atau curhatan pribadi, maka buatlah domain dengan nama kamu saja.

Baca juga: Cara Pasang SSL Gratis Dari Cloudflare Di Blog

Akhir kata, itulah 8 tips memilih domain untuk blog, semoga dengan artikel ini bisa membantu memberikan pilihan domain yang cocok untuk blog yang sedang kamu bangun. Oke, sampai disini dulu artikel ini, sampai jumpa ! :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *