cara upload file script ke cpanel

By | 26 Juli 2018

cara upload file script ke cpanel

pria kurus blog – Setelah kamu membeli sebuah hosting atau cpanel, langkah selanjutnya adalah tentu saja kamu harus meng-upload file atau script ke cpanel tersebut agar website yang akan kamu buat dapat di online kan. Jika kamu belum meng-upload script apapun ke cpanel tersebut, maka website kamu itu hanya akan menampilkan halaman kosong atau pun halaman #IndexOf

Walaupun meng-upload file seperti script PHP ke dalam hosting/cpanel sangatlah mudah, namun nyatanya masih banyak pemula yang belum mengetahui cara upload file script ke cpanel tersebut. priakurus pun dulu juga begitu waktu jamannya MyWapBlog (MWB), sebuah blog builder mobile yang diciptakan oleh seorang remaja asal India bernama Arvind Gupta, namun sayang blog builder ini telah tutup sejak tahun 2016 yang lalu.

Saat itu ada sebuah blog MWB yang share script PHP mini forum. Setelah saya mendownload file scriptnya yang ber-format zip, saya pun langsung menanyakan bagaimana cara menggunakan file tersebut di kolom komentar blognya. Setelah menunggu, akrhirnya komentar pertanyaan saya itu pun dibalas, pemilik blog mwb tersebut mengatakan bahwa script tersebut harus di upload ke hosting atau cpanel agar dapat berjalan, dan dia pun memberi tahu hosting yang gratis pada saat itu yakni nazuka. Setelah berhasil membuat hosting pertama saya yang gratisan tersebut, saya tidak tau apa yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, karena saya orangnya penasaran, saya klak klik saja semua fitur atau menu yang ada pada hosting tersebut. Lama-lama saya pun sedikit mengerti tentang hosting. Itulah sedikit cerita awal mula saya mengetahui hosting atau cpanel.

Nah, sekarang kita kembali lagi ke topik ini yaitu cara upload file script ke cpanel atau hosting. Meskipun sudah ada banyak blog yang menulis tutorial ini, tapi tak ada salahnya juga pria kurus blog juga ikut meramaikan keyword cara upload file ke cpanel ini. Baiklah tak usah berlama-lama lagi, berikut ini tutorialnya, selamat mencoba.

Baca juga: cara cek rank alexa website

upload script ke cpanel menggunakan file manager

Untuk dapat meng-upload script website kamu ke cpanel, hal pertama yang harus dilakukan adalah login atau masuk dulu ke akun cpanel kamu. Silakan ketikkan alamat domainkamu.tld/cpanel (jangan lupa ubah domainkamu.tld dengan domain website yang akan kamu buat dengan cpanel tersebut) lalu masukkan username dan password dari cpanel tersebut. Username & password dari cpanel kamu biasanya dikirim ke email yang kamu daftarkan untuk membeli hosting/cpanel itu.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Selainjutnya cari menu Files, pada menu files tersebut ada berbagai macam fitur didalamnya. Dan untuk meng-upload file ke cpanel tersebut kamu klik saja File Manager seperti gambar dibawah maka nanti browsermu akan membuka tab baru ke file manager tersebut.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Silakan buka tab baru atau file manager tersebut, sekarang klik atau buka folder public_html. Yap, folder tersebut adalah folder utama domain kamu di cpanel tersebut, jadi kamu harus meng-upload file/scriptnya ke folder ini agar websitenya dapat diakses olehmu dan banyak orang. Jika kamu meng-upload srcriptnya ke folder lain, maka kamu tidak akan dapat mengakses web dari script tersebut, kecuali kamu menambahkan domain ke cpanel itu dan mengarahkan tujuan folder untuk domain baru tersebut. Begitulah.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Di folder public_html ini kamu sudah bisa meng-upload file / script PHP yang kamu inginkan. Silakan klik saja tombol Upload yang berada di menu atas file manager kamu. Maka nanti browser kamu akan membuka tab baru lagi.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Lalu sekarang tinggal drag saja file scriptnya ke kotak upload tersebut atau bisa juga dengan cara klik tombol Select file untuk memilih script PHP dari komputer atau android kamu dan akan diupload ke folder public di filemanager cpanel kamu tersebut, sebagai contoh saya akan meng-upload script blog wordpress yang sebelumnya telah saya download dari wordpress.org.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Setelah file nya sukses ter-upload, sekarang kamu kembali lagi ke folder public_html di file manager kamu tadi dengan cara klik saja tombol Go Back to dimenu upload tadi, maka kamu akan melihat file yang tadi kamu upload. Ohiya, agar lebih mudah, pastikan file scriptnya ber-format .zip atau .tar.gz ya. Sekarang tinggal ekstrak saja script tersebut. Caranya tinggal klik kanan pada script lalu klik Extract. Atau bisa juga dengan cara klik file scriptnya selanjutnya klik Extract pada menu atas di filemanager tersebut, setelah itu klik Extract File(s) untuk mulai meng-ekstrak file zip tadi ke cpanel kamu.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Jika script yang tadi sobat ekstrak adalah script cms wordpress, maka file-file hasil ekstrak tadi bukan berada di folder public_html melainkan membuat folder lagi yang bernama wordpress di public_html tersebut, sehingga web tidak bisa diakses. Supaya blog wp nya dapat diakses silakan pindahkan file-file wordpress tadi ke folder public_html, caranya klik 2 kali folder wordpress tersebut lalu klik Select all dan klik Move dimenu atas filemanager tersebut. Selanjutnya tinggal hapus saja ‘/wordpress’ pada kotak dialog tersebut sehingga hanya tersisa ‘public_html’ dan klik Move File(s).

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Setelah file berhasil diekstrak, sekarang tinggal kunjungi saja domain dari website kamu tersebut. Maka website kamu pun sudah jadi. Karena file yang saya upload tadi ada script blog wordpress, maka saat mengunjungi domain tersebut maka harus melakukan konfigurasi atau setting lagi untuk blog wordpress tersebut.

Cara Upload File Script Ke Cpanel

Gimana, mudahkan upload script ke cpanel?.. Sekian dulu post ini. Semoga mudah dipahami ya. sampai jumpa di post lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *