cara redirect domain lama ke domain baru di cpanel

By | 27 Juli 2018

cara redirect domain lama ke domain baru

pria kurus blog – Mengganti domain blog adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan oleh pemilik blog itu sendiri. Alasan umum si blogger tersebut mengganti domain blognya adalah karena sudah bosan dengan domain tersebut atau mungkin dengan alasan yang lain seperti domain yang diblokir oleh media sosial seperti facebook sehingga blog itu tidak bisa mendapat trafik dari FB.

Demi mendapat trafik yang besar dari facebook seperti menggunakan FB ads, mau tak mau pemilik blog tersebut tentu harus mengganti domain lama yang diblokir FB tersebut ke domain yang baru. Mengganti sebuah domain pada blog memang gampang dilakukan. Kamu hanya perlu membeli domain baru untuk blogmu lalu memarkirkannya ke cpanel dimana tempat blogmu dihosting, selanjutnya tinggal ubah domain lama blogmu ke domain yang baru di menu pengaturan blog kesayangan kamu itu.

Tapi, ada 1 hal lagi yang harus kamu lakukan setelah berhasil mengganti domain blog kesayangan mu, yaitu me redirect domain lama ke domain baru. Kenapa ini harus dilakukan? karena supaya pengunjung di domain lama tersebut dapat dialihkan ke domain yang baru. Selain itu, ada hal yang penting lainnya, yakni untuk memberitahu mesin pencari seperti google bahwa blog kamu sudah berganti domain. Sehingga mesin pencari tersebut dapat mengubah domain lama blog tersebut ke domain yang baru di index mereka.

Sebelumnya, pria kurus blog telah membuat tutorial cara redirect domain atau url menggunakan cloudflare. Yups, cloudflare mempunyai 1 fitur yang sangat bermanfaat untuk me redirect domain lama blogmu ke domain yang baru. Jika kamu ingin menggunakan fitur redirect dari cloudflare ini silakan baca tutorial di link dibawah ini.

Baca: cara redirect domain/url di cloudflare

Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan cloudflare, kamu masih bisa mengalihkan domain lama blog kamu ke domain yang baru yaitu dengan cara menggunakan .htaccess di cpanel blogmu itu. Bagaimana cara menggunakan atau mengatur .htaccess untuk redirect domain?. Gampang kok!! Yuk kita coba.

Pertama kamu harus login dulu ke cpanel tempat blog kamu itu dihosting, lalu masuk ke File Manager. Di file manager selanjutnya kamu klik atau buka folder public_html atau folder dimana blog kamu berada. Maka kamu akan melihat file-file php dari blog kamu tersebut, diantara file-file itu ada file yang bernama .htaccess. Silakan edit file tersebut, caranya klik kanan pada file tersebut lalu klik Edit atau bisa juga dengan cara klik filenya lalu klik tombol Edit dimenu atas file manager kamu.

cara redirect domain lama ke domain baru

Ohiya, jika kamu tidak menemukan file .htaccess ini, coba kamu klik tombol Settings lalu selanjutnya ceklis ‘Show Hidden Files (dotfiles)’ dan klik save, maka biasanya file .htaccess tersebut akan muncul.

cara redirect domain lama ke domain baru

Jika masih tidak ada, berarti file tersebut memang tidak ada di cpanel atau hosting kamu. Kalo begitu coba buat saja filenya dengan cara klik + File lalu beri nama .htaccess dan klik create file.

cara redirect domain lama ke domain baru

Selanjutnya silakan tambahkan script atau code dibawah ini ke file .htaccess tersebut untuk redirect domain lama ke domain baru kamu. Jangan lupa ubah domainlama.com dan domainbaru.com dengan domain kamu ya.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} domainlama.com$ [OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} www.domainlama.com$
RewriteRule ^(.*) http://domainbaru.com/$1 [R=301,L]
cara redirect domain lama ke domain baru

Sekarang coba deh kamu kunjungi domain lama kamu, apakah sudah dialihkan ke domain yang baru. Coba juga akses dengan permalink atau url post/laman blog kamu. Contoh domainlama.com/post1/ jika dialihkan ke domainbaru.com/post1/ berarti domain lama blog kamu tersebut telah berhasil di redirect secara permanen. Sekarang tinggal tunggu saja index blog kamu di mesin pencari seperti google berganti dengan domain yang baru.

Eits, masih ada lagi nih cara untuk redirect domain lama ke domain baru kamu di cpanel. Tahukah kamu bahwa cpanel mempunyai fitur redirect? Ya, dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah melakukan setting domain lama kamu agar di redirect ke domain yang baru. Berikut ini cara setting atau cara menggunakan fitur redirect domain di cpanel! Cekidot!!!

Pertama kamu tentu saja harus masuk dulu ke cpanel kamu, lalu cari fitur atau menu Redirect. Agar lebih mudah gunakan saja form pencarian. Silakan ketikkan ‘Redirect’ pada form search di cpanel kamu tersebut maka nanti akan muncul fitur redirect tersebut lalu klik saja fitur tersebut.

cara redirect domain lama ke domain baru

Dihalaman selanjutnya, kamu bisa mengatur setting untuk me redirect domain lama kamu tersebut. Cara settingnya sebagai berikut.

Type : pilih 301 atau redirect permanent.
https?://(www.)? : Pilih domain yang akan di kamu redirect.
“/” : Isi dengan bintang (*) agar saat kamu mengetikkan permalink post/laman di domain lama kamu juga dapat di redirect ke domain yang baru.
Redirects to : Masukkan url tujuan. Harus pake http atau https, jika tidak maka akan error.
www. redirection : Pilih Redirect with or without www. agar domain lama kamu dapat dialihkan baik ke domain baru baik saat menggunakan www ataupun tanpa www. Terakhir klik add.
cara redirect domain lama ke domain baru

Sekarang kamu coba kunjungi domain lama blog kamu, jika sudah di redirect ke domain yang baru berarti setingan nya sudah berhasil. Jika tidak berarti ada kesalahan. Silakan coba lagi dan setting dengan benar sesuai panduan diatas.

Baiklah. Cukup sekian dulu tutorial tentang cara redirect domain lama ke domain baru ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang baru mengganti domain blog kamu dengan domain yang baru. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *