cara mudah migrasi blog wordpress ke server/hosting baru

By | 11 November 2018

pria kurus blog – Memindahkan blog dari satu server ke server yang lain adalah hal yang biasa dilakukan oleh blogger yang memiliki blog self host. Alasan si blogger tersebut memindahkan server blognya biasanya adalah karena server lama blog tersebut sudah tidak mampu untuk menampung jumlah pengunjung blog tersebut atau server blog sudah kehabisan disk / tempat penyimpanan media seperti gambar dan video yang ada di blog itu sendiri atau mungkin karena server tersebut sering mengalami down, atau pun karena alasan lain seperti kurangnya dukungan cs dari provider hosting tersebut.

Memindahkan atau migrasi blog wordpress dari server yang lama ke server baru bisa dilakukan dengan dua cara, cara manual dan juga cara otomatis atau dengan menggunakan bantuan plugin wordpress. Memindahkan blog wordpress ke server baru dengan cara manual bisa kamu lakukan dengan cara membackup file2 blog wordpress dan juga medianya seperti gambar di file manager server atau cpanel kamu dan juga membackup file database sqlnya. Selanjutnya tinggal upload saja file hasil backup tersebut ke server yang baru. Namun menurut saya cara manual ini sedikit ribet bagi newbie seperti saya. Sehingga saya tidak akan membahas cara manualnya di postingan ini.

Di post ini, saya hanya akan membahas tentang cara mudah migrasi blog wordpress dengan menggunakan plugin. Dengan plugin yang bernama duplicator ini, kita bisa dengan mudah memindahkan blog kita dari server yang lama ke server yang baru. Cara mengoperasikan plugin ini sangat mudah sekali. Sehingga seorang pemula yang baru memiliki blog wordpress self hosted seperti saya pun pasti bisa melakukannya.

Baiklah tak usah berlama-lama, berikut ini adalah cara mudah migrasi blog wordpress dari server lama ke server yang baru.

Cara paling mudah memindahkan blog wordpress ke server/hosting baru

Pertama, silakan masuk dulu ke dashboard blog wordpress kamu yang akan kamu pindahkan ke server atau hosting yang baru. Lalu arahkan kursor ke menu Plugin dan klik Tambahkan Baru. Dihalaman menambahkan plugin baru ini, silakan kamu ketikkan keyword Duplicator di form pencarian. Maka nanti akan muncul plugin yang dimaksud. Sekarang silakan Pasang dan Aktifkan plugin duplicator tersebut.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Setelah plugin tersebut terpasang dan telah diaktifkan, maka akan muncul menu baru disebelah kiri dashboard blog wordpress kamu, letaknya ada dibagian bawah, menu tersebut bernama duplicator. Silakan arahkan kursor ke menu duplicator tersebut, lalu klik packages. Setelah berada dihalaman selanjutnya, langsung saja buat pacakge blog mu dengan cara klik Create New dan langsung saja klik Next.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Tunggulah beberapa saat, karena plugin sedang me-scan blog kamu, jika blog sudah selesai discan selanjutnya klik tombol Build dan tunggu lagi beberapa detik/menit tergantung banyaknya postingan dan juga media didalam blog kamu.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Jika plugin telah berhasil membuat packages atau backup dari blog kamu maka akan muncul tombol download backupan blogmu dan juga file installernya seperti gambar dibawah. Silakan download kedua file tersebut.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Baca juga: Cara memasukkan video YouTube kedalam postingan blog

Oke, sekarang kamu bisa meng-upload file backup blogmu dan juga file installer.php nya ke server atau hosting yang baru. Setelah diupload langkah selanjutnya adalah silakan ketikkan domainmu.tld/installer.php di address bar browser kamu. Oiya, pastikan domain blogmu sudah di parkir ke server/hosting yang baru ya. Atau mungkin kamu ingin menggunakan domain yang baru juga bisa kok. Maka nanti akan muncul halaman untuk meng-install atau me-restore blogmu tersebut ke server yang baru. Silakan centang “I have read and accept all terms & notices” dan langsung klik Next.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Dihalaman selanjutnya, silakan masukkan data dari database untuk blog kamu di server baru ini. Pastikan kamu sudah membuat database di server hosting tersebut. Jika sudah dimasukkan data2 database nya, coba kamu klik dulu tombol ‘Test Database’ untuk memastikan bahwa data yang kamu masukkan sudah benar. Jika sudah benar maka akan ada tulisan Success. Maka tinggal klik saja tombol Next lalu klik Yes.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Dihalaman berikutnya, kamu bisa mengatur setingan blog kamu di server baru ini, seperti judul blog, username dan juga password untuk login. Jika kamu ingin setingan yang lama, maka biarkan saja atau tidak usah diubah apapun dan langsung klik tombol Next.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Selesai. Sekarang kamu tinggal klik tombol Admin Login lalu masukkan username dan password blog kamu dan klik login.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Setelah masuk, maka kamu akan dibawa ke halaman duplicator di dashboard blog kamu. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menghapus semua file yang terkait dengan duplicator ini. Hal ini harus kamu lakukan agar blog barumu aman dari orang-orang yang “jahil”. Caranya adalah klik pada Stored Data lalu klik tombol Remove Installation File.

Cara Mudah Migrasi Blog WordPress

Oke, selesai deh. Blog kamu sudah berhasil dipindahkan dari server yang lama ke server yang baru. Semua postingan, media, halaman, komentar, serta pengaturan blog mu sama persis seperti saat berada di server yang lama. Yosh, begitulah cara mudah migrasi blog wordpress self hosted ke server yang baru. Sampai jumpa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *