Cara Menonaktifkan Windows Update Di Win 10

By | 10 Juli 2018

Cara Menonaktifkan Windows Update di Win 10

pria kurus blogWindows Update adalah fitur yang tersedia pada sistem operasi windows versi terbaru yakni windows 10 maupun versi-versi sebelumnya. Sebenarnya fitur yang satu ini memiliki fungsi yang sangat berguna dan bermanfaat bagi PC atau laptop kamu. Seperti namanya, windows update memiliki fungsi untuk meng-update atau memperbarui software dan juga sistem keamanan pada OS windows di laptop kesayanganmu. Dengan adanya fitur update ini, jadinya keamanan di komputermu akan tetap terjaga, sehingga bisa terhindar dari virus atau malware versi terbaru.

Meskipun memiliki fungsi yang sangat penting, nyatanya banyak pengguna windows yang ingin menghilangkan atau menonaktifkan fitur windows update ini dengan alasan yang bermacam-macam. Namun, alasan yang paling umum adalah kuota internet bisa lenyap sampai bergiga-giga hanya dalam waktu beberapa menit saja. Yap, namanya juga update atau perbarui, jadi otomatis si fitur windows update ini akan mendownload versi terbaru dari software dan juga sistem keamanan windows dari server yang telah disediakan oleh Microsoft selaku perusahaan pengembang OS windows tersebut. Coba saja banyangkan, jika banyak software atau aplikasi di komputer mu yang harus di update, belum lagi jika ada update sistem keamanan windows, kuota bisa terkuras habis deh. Bagi yang memiliki banyak kuota internet atau memakai WiFi gratisan sih gak masalah, namun beda lagi bagi kita yang kere, daripada kuota habis dipake untuk update windows lebih baik kan kuotanya kita pake untuk download j*v, hehe #kidingbro :v Selain faktor kuota yang cepat habis, windows update juga biasanya memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk memasang update2 tersebut ke komputer kamu. Pengalaman saya, komputer akan restart berkali-kali dengan sendirinya hingga lebih dari 1 jam setengah. Cukup lama sekali kan? padahal komputer tersebut butuh kita gunakan secepatnya.

Maka tak heran akhirnya banyak orang yang bertanya ke mbah Google atau mbok Yahoo! tentang bagaimana sih cara untuk menonaktifkan windows update khususnya pada versi win 10. Sebenarnya sudah banyak sekali blogger yang memberikan tips and trik tentang cara mematikan fitur windows yang satu ini, jika kamu tak percaya, coba saja ketikkan kata kunci ‘cara menonaktifkan windows update di windows 10’, lihat? banyak sekali kan blog yang sudah membahasnya?. Namun tak ada salahnya kan admin priakurus.com juga ikut menulis artikel tutorial tentang menonaktifkan windows update di blog ini, yahh, itung-itung untuk menambah jumlah postingan di blog ini yang masih sangat sedikit padahal usia blog ini sudah hampir 1 tahun.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Akun Facebook Melalui Android

Yuk kita langsung ke intinya saja, dibawah ini adalah cara yang paling mudah untuk menonaktifkan fitur windows update khususnya pada win 10. Silakan dicoba, semoga berhasil. cekidot.

1. Pertama, silakan kamu tekan atau klik icon search pada taskbar, lalu ketikkan kata ‘Servives’ pada kolom pencarian lalu klik menu services tersebut.

Cara Menonaktifkan Windows Update

2. Nah di menu ‘Services’ yang telah terbuka ini, kamu akan melihat banyak menu atau fitur yang ada pada windows 10 di komputer kamu. Silakan kamu scroll kebawah sampai kamu menemukan tulisan ‘Windows Update’, lalu klik 2 kali pada tulisan tersebut untuk membuka windows update properties. Harap diperhatikan dengan baik-baik, apakah sudah benar yang kamu klik tersebut adalah tulisan windows update, awas jangan sampai salah klik, karena nanti bisa-bisa malah software atau fitur lain yang kamu matikan, akibatnya bisa fatal seperti komputer atau laptopmu bisa rusak.

Cara Menonaktifkan Windows Update

3. Ketiga, disini kamu bisa mematikan fitur windows update tersebut dengan cara mengubah Startup type menjadi Disabled. Lalu klik juga tombol Stop pada Services status agar proses update yang mungkin sedang berjalan bisa dihentikan. Jika sudah langsung saja klik Ok.

Cara Menonaktifkan Windows Update

Sampai disini windows update di win 10 kamu sudah di nonaktifkan, agar lebih maksimal silakan restart PC atau laptop kamu. Selesai deh, bagaimana cukup mudahkan?. Tapi dengan mematikan window update service ini kamu tidak akan bisa menggunakan store dan mendownload modern apps.

Untuk mengaktifkan kembali windows update ini, kamu hanya perlu mengikuti langkah 1 & 2 di atas, lalu ubah ‘Startup type’ menjadi ‘Manual’ dan klik juga tombol ‘Start’ pada ‘Service status’ untuk mulai menjalankan kembali service windows update tersebut dan klik Ok.

Sekali lagi Mimin ingatkan, harap ikuti langkah di atas dengan benar, jangan sampai salah klik, takutnya nanti malah merusak laptop ataupun komputer kamu, Resiko ditanggung penumpang, Oke. Baiklah cukup sekian dulu artikel tentang cara menonaktifkan windows update di win 10 ini. Bye Bye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *