Cara Membuat RDP Di VPS Ubuntu Spek Rendah

By | 18 November 2017

Cara Membuat RDP Di VPS Ubuntu Spek Rendah

pria kurus blog – Hallo sobat. Ketemu lagi dengan admin blog Pria Kurus. Di post ini saya akan memberikan tutorial cara membuat RDP di VPS spek rendah dengan sangat mudah. Sebelumnya apakah kamu sudah tau apa itu RDP?. Yap, RDP bisa dibilang adalah komputer orang lain atau server yang dapat kita akses menggunakan komputer kita sendiri. Jadi, ibaratnya RDP itu komputer di dalam komputer 😀 Jika kamu sudah tau apa itu VPS, bisa dibilang RDP itu adalah VPS dengan OS / Sistem Operasi window.

Umumnya orang-orang menggunakan RDP untuk keperluan download dan upload. Jika kamu mempunyai situs atau blog download film, drakor, atau anime kamu wajib mempunyai RDP. Karena jika menggunakan RDP, proses download dan upload akan jauh lebih cepat daripada hanya mengandalkan modem atau WiFi. Selain cepat, menggunakan RDP untuk keperluan download dan upload juga tak akan menyedot banyak kuota internetmu. Iya, kuota internetmu tidak akan diambil untuk proses download dan upload tersebut, kuota kamu hanya akan disedot untuk mengakses komputer server atau RDP dari komputermu saja.

Jadi gini, jika kamu mendownload file dengan ukuran 100mb dan akan meng-upload ulang file tersebut ke file hosting seperti Upfile, Tusfiles, atau apapun itu, pasti kuota mu akan tersedot kurang lebih 200mb kan?. Nah, jika kamu menggunakan RDP kuota kamu tidak akan disedot sampe 200mb, paling cuma dibawah 100mb. Karena hanya di pake untuk mengakses RDPnya saja. Kurang lebih begitu lah.

Namun, harga RDP atau VPS window itu lumayan mahal. Apalagi jika RDP tersebut adalah RDP dengan hak akses sebagai admin, rata-rata di dibandrol dengan harga puluhan dollar Amerika per bulan. Sebenarnya ada juga RDP admin yang dikasih harga murah dan spek yang lumayan, kamu bisa mencarinya di p-store.net.

Tapi, jika kamu ingin membuat RDP di VPS sendiri dengan spek rendah seperti VPS dari Digital Ocean dan Vultr dengan harga $5 per bulan. Kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini. RDP ini bisa kamu gunakan untuk download dan upload dengan kecepatan yang wussszz, cocok bagi kamu yang akan atau sudah memiliki blog download. Untuk kegiatan lain, seperti encoding video atau yang lainnya, saya tidak tau, apakah bisa atau tidak menggunakan RDP dari VPS ini. Sepertinya sih tidak bisa :3

Yo, sekarang kita coba membuat RDPnya. Kita akan menggunakan GUI (Graphic User Interface) Desktop dari LXDE. GUI dari LXDE ini sangat ringan, sehingga VPS dengan spek rendah pun bisa di install panel yang satu ini, sebenarnya untuk membuat RDP di VPS juga bisa menggunakan GUI Desktop dari GNOME, tapi GNOME ini sangat memakan RAM. Jadi kita coba install GUI desktop dari LXDE saja yang tidak haus RAM dan CPU, jadi sangat cocok di install di VPS dengan sepesifikasi rendah.

Untuk menginstall GUI LXDE ini, pertama-tama pastikan kamu sudah mempunyai VPS dengan OS Ubuntu dengan minimal RAM sebesar 500mb dan pastikan VPS tersebut masih fresh alias belum pernah di install apa pun ke dalam VPS itu yaa.

Baca juga: Cara Dapat Pulsa Gratis Dari Whaff

Sekarang kita login dulu ke root VPS menggunakan PuTTY. Di artikel Cara Intsall Webuzo di VPS sudah dijelaskan bagaimana cara login ke root VPS. Jadi, jika kamu bingung bagaimana cara login atau masuk ke root VPS silakan baca artikel atau post tersebut dulu 🙂

Cara Membuat RDP Di VPS Ubuntu Spek Rendah

Setelah berhasil masuk ke root VPS, silakan copy dan paste command atau perintah dibawah ini satu per satu lalu klik enter.

apt-get purge apache2* bind9* samba*

Command diatas berfungsi untuk menghapus service di dalam VPS yang tidak diperlukan.

apt-get update
apt-get upgrade

Command di atas berfungsi untuk mengupdate dan mengupgrade paket-paket yang ada di VPS.

apt-get install nano

Command di atas untuk mendownload text editor yang bernama nano.

apt-get install xorg lxde-core tightvncserver

Command di atas berfungsi untuk mulai meng-install GUI desktop LXDE ke VPS. Setelah perintah diatas di eksekusi, tunggulah beberapa menit. Nanti akan muncul pilihan Negara dan Keyboard layout, pilih saja Negara “English (US)” dan Keyboard juga “English (US)”. Setelah itu, silakan lanjutkan dengan mengeksekusi command dibawah ini.

tightvncserver :1

Perintah di atas berfungsi untuk memulai atau menjalankan VNC server. Setelah command diatas di eksekusi, kamu akan diminta untuk membuat password yang berguna untuk login ke
VNCnya nanti. Buatlah password tidak lebih dari 8 karakter dan pastikan password tersebut tidak diketahui orang lain.

Disini kamu juga akan ditanya apakah juga ingin membuat password untuk user yang hanya bisa melihat saja tanpa bisa mengatur VPS di VNC. Jika kamu melihat kalimat seperti ini “Would you like to enter a view-only password (y / n)” . Silakan ketikkan “y” jika ingin membuat password untuk user dan ketik “n” jika tidak ingin membuat password untuk user.

tightvncserver -kill :1

Perintah di atas berfungsi untuk menghentikan LXDEnya terlebih dulu.

nano ~/.vnc/xstartup

Command di atas berguna untuk membuka dan mengedit file konfigurasi VNC server. Silakan edit code dalam file itu dan pastikan semuanya seperti kode dibawah ini. Untuk lebih memudahkan hapus semua kode yang tertera dalam nano editor tersebut, lalu copy dan paste kode dibawah ini ke file dalam nano editor tersebut. Jika sudah silakan save dengan cara tekan CTRL + X di keyboard lalu tekan Enter.

#!/bin/sh

xrdb $HOME/.Xresources
xsetroot -solid grey
#x-terminal-emulator -geometry 80×24+10+10 -ls -title “$VNCDESKTOP Desktop” &
#x-window-manager &
# Fix to make GNOME work
export XKL_XMODMAP_DISABLE=1
/etc/X11/Xsession
lxterminal &
/usr/bin/lxsession -s LXDE &

Sekarang reboot dulu VPS dengan cara meng-eksekusi command dibawah ini.

reboot

Setelah reboot, silakan masuk kembali ke root VPS dengan PuTTY dan eksekusi command dibawah ini untuk mulai menjalankan LXDE di VNC.

vncserver :1 -geometry 800×600 -depth 16 -pixelformat rgb565

Nah, kamu juga bisa menginstall Firefox untuk browser kamu di RDP LXDE ini, silakan eksekusi perintah dibawah ini untuk menginstall Firefox.

apt-get install firefox

Jika ingin merubah password untuk login ke VNC, silakan masukkan perintah ini.

vncpasswd

Selesai. Sekarang kamu bisa masuk ke RDP dari VPS Ubuntu ini menggunakan Tight VNC. Silakan download dulu softwarenya Disini. Setelah didownload, silakan install Tight VNC tersebut ke PC/Laptop kamu. lalu masukkan ip-vps:1 dan klik Connect untuk mulai menggunakan RDP ini.

Cara Membuat RDP Di VPS Spek Rendah

Yosh, sampai disini dulu post Cara Membuat RDP Di VPS Ubuntu Spek Rendah, Semoga tutorial berguna bagi kamu yang sedang mencari RDP murah meriah. Selamat mencoba. Good Luck !.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *