Cara Install Webuzo Di VPS CentOS

By | 13 November 2017

Cara Install Webuzo Di VPS CentOS

pria kurus blog – Sebelumnya saya sudah membuat post tentang Cara Membuat VPS Di Digital Ocean dan Vultr, di post tersebut juga dijelaskan bahwa VPS dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya adalah dijadikan hosting untuk web atau blog. Namun, jika ingin menjadikan VPS sebagai hosting, kita perlu menginstall panel terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kita bisa lebih mudah dalam mengelola server web / blog yang di host di VPS tersebut.

Saat ini panel yang paling banyak digunakan adalah cPanel, memang cPanel ini adalah panel yang sangat kaya akan fitur dan memiliki user interface (UI) yang simpel dan mudah dipahami / dioperasikan. Namun sayangnya panel yang satu ini tidaklah gratis, jika kita ingin menginstall cPanel ke dalam VPS, kita harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Harganya lisensinya lumayan mahal, yakni $20 per bulan.

Tenang, tak usah sedih dulu, karena kita masih bisa menggunakan panel yang gratisan. Ada beberapa panel web yang dapat di install ke VPS secara gratis, salah satunya adalah Webuzo. Dari beberapa panel gratisan untuk mengelola server web / blog, entah kenapa saya lebih menyukai Webuzo. Walaupun tak bisa dibandingkan dengan cPanel, namun Webuzo juga dapat memudahkan dalam mengelola server karena didukung oleh beragam fitur dan UI yang oke.

Selain itu, Webuzo juga sudah terintegrasi dengan Softaculous. Softaculous adalah auto installer yang memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi / web secara mudah hanya dengan satu kali klik. Selain versi gratis, Webuzo juga memiliki versi premium. Di versi premium ini, kita akan mendapat lebih banyak fitur yang sangat membantu dalam mengelola server web. Untuk lisensi premiumnya, Webuzo membandrol dengan harga $2.5 per bulan, Cukup murah kan?.

Oke, sekarang saatnya kita memulai menginstall panel server web gratis yang satu ini. Silakan ikuti tutorial Cara Install Webuzo Di VPS centOS dibawah ini. Tapi, sebelumnya pastikan terlebih dulu VPS kamu adalah VPS CentOS dan masih fresh alias belum pernah di install apapun.

Cara Install Webuzo Di VPS CentOS

Pertama, silakan buka PuTTY terlebih dulu. PuTTY adalah software yang berguna untuk meremote VPS menggunakan port SSh. Jika kamu belum punya software yang satu ini, silakan download terlebih dulu Disini.

Silakan buka software PuTTY tersebut dengan hak akses admin (run as administrator). Lalu masukkan IP address VPS kamu dan klik Open, dan kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password VPS kamu. Untuk usernamenya biasanya adalah ‘ root ‘ dan passwordnya kamu bisa lihat di email.

Cara Install Webuzo Di VPS

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa menggunakan aplikasi JuiceSSH – SSH Client, silakan download dulu aplikasinya di Google Play store. Untuk login ke root VPS menggunakan JuiceSSH, pertama buka dulu aplikasi JuiceSSHnya, iyalah 😀 lalu klik tanda petir atau kilat di kanan atas dan masukkan [email protected]:22. Biasanya username VPS adalah root. Jadi masukkan seperti ini, contoh: [email protected]:22, lalu klik Ok dan setelah itu silakan masukkan password VPSnya.

Cara Install Webuzo Di VPS

Setelah kamu berhasil login atau masuk ke root VPS kamu, silakan langsung saja copy dan paste command atau perintah dibawah ini satu per satu. Setelah mem-paste command dibawah ini, kamu wajib klik enter, jika tidak, perintah tersebut ini tidak akan berjalan :D.

yum -y install wget

Command di atas berfungsi untuk mendownload atau menginstall command wget. perintah wget berguna untuk mendownload file di di VPS menggunakan url.

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Command di atas berfungsi untuk mendownload file installer Webuzo, yakni install.sh.

chmod 0755 install.sh

Command di atas berfungsi untuk mengubah chmod atau permission file installer Webuzo yakni install.sh.

./install.sh

Command di atas berfungsi untuk mulai menjalankan file installer.

Silakan tunggu beberapa menit. Biasanya sih gak sampai 15 menit. Sambil menunggu, silakan ngopi dulu :D. Jika Webuzo berhasil di install di VPSmu maka akan muncul tulisan ucapan selamat karena Webuzo telah berhasil di install seperti gambar dibawah ini.

Cara Install Webuzo Di VPS

Langkah selanjutnya adalah mensetting Webuzo melalui browser. Caranya ketikkan ip-vps:2004 di address bar browser kamu, contoh 123456789:2004. Lalu, isilah data yang di butuhkan seperti username, email, password, domain, dan NS.

Username: Buatlah username untuk nanti login ke panel Webuzo.

Email: Masukkan email kamu.

Password: Buatlah password untuk login ke panel Webuzo.

Re-enter password: Masukkan kembali password di atas.

Domain: Masukkan domain yang ingin di pakai untuk web atau blogmu di Webuzo.

NS1: Masukkan nameserver untuk domain. Kalo saya tidak ngerti yang ini, jadi saya isi asal saja seperti ns1.domainsaya.com

NS2: Masukkan nameserver ke dua. Kalo saya bisanya isi dengan ns2.domainsaya.com

License: Ini adalah lisensi Webuzo premium. Jika kamu punya lisensinya silakan masukkan disini. Jika tidak punya biarkan kosong saja.

Setelah semua di isi dengan benar langsung saja klik ‘Install’. Dan selamat, Webuzo telah berhasil di install ke VPS kamu.

Cara Install Webuzo Di VPS

Langkah terakhir sebelum kamu membuat web atau blog di Webuzo, silakan terlebih dulu login ke panel setting Webuzo dengan cara ketikkan ip-vps:2004 lalu masukkan username dan password Webuzo yang telah dibuat. Gulir kebawah kebagian general settings, dan ceklis dibagian ‘Is VPS’ seperti gambar dibawah ini.

Cara Install Webuzo Di VPS

Baca juga: Cara Daftar Adreactor

Selesai. Sekarang kamu sudah bisa membuat blog atau website. Caranya login ke admin panel Webuzo caranya ketikkan ip-vps:2002 dan masukkan username serta password Webuzomu. Sama seperti cPanel, untuk meng-upload script web silakan masuk ke File Manager. Untuk menambah domain masuk ke menu Add Domain. Untuk menambah Database ya masuk ke menu Database. Pokoknya seperti itulah. Kamu juga pasti ngerti, karena Webuzo ini mudah dipahami. :p

Baiklah, sampai disini dulu post Cara Install Webuzo Di VPS CentOS ini. Selamat mencoba. Good Luck !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *